Beranda > Andragogi > Pentingkah Alat Bantu Pendidikan? ,tugas3

Pentingkah Alat Bantu Pendidikan? ,tugas3

Dalam pendidikan, alat bantu bukanlah sesuatu yang esensial, namun mempunyai andil yang cukup besar dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Alat bantu dalam pendidikan akan sangat bermanfaat jika digunakan secara optimal. Salah satu alat bantu yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah alat bantu audiovisual (ABAV).

Seiring dengan perkembangan teknologi, alat bantu audiovisual menjadi sangat dibutuhkan pada saat sekarang. Kebutuhan akan alat bantu ini lama kelamaan berubah menjadi semacam ketergantungan. Dimana proses belajar seringkali tidak maksimal jika tidak ada alat bantu ini. Lalu, bagaimana hal ini bisa diatasi?.

Fenomena semacam ini biasanya terjadi karena adanya kesalahan persepsi peserta didik ataupun pada pengajar. Menurut Suprijanto (2007) salah satu kesalahan persepsi tentang alat bantu ini adalah anggapan bahwa ABAV adalah suatu bentuk pendidikan tersendiri. Anggapan semacam ini membuat peserta didik berfokus pada alat bantunya, bukan pada pendidikannya.

Tujuan dari alat bantu audio visual ini sebenarnya lebih untuk membangkitkan minat, dan rasa ingin tahu peserta didik, serta  membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Hal ini justru akan meningkatkan usaha belajarnya, sehingga situasi tidak akan terasa membosankan. Justru pada kenyataannya, penggunaan alat bantu secara baik membuat instruktur perlu mempersiapkan secara profesional dan membutuhkan waktu lama untuk merencanakannya (Suprijanto, 2007). Jadi intinya, kelihaian dan keprofesionalitasan pengajarlah yang dituntut untuk mengemas proses belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Nah, jika ditanya apakah alat bantu itu penting, Anda sendiri yang menentukan jawabannya.

Referensi:

  • Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi.Jakarta: Bumi Aksara.

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: