Beranda > Andragogi > Pentingkah Disiplin?, tugas6

Pentingkah Disiplin?, tugas6

Banyak permasalahan yang terjadi didalam kegiatan pendidikan yang termasuk didalamnya pendidikan orang dewasa. Salah satu permasalahan yang terjadi seringkali dikarenakan ketidakdisiplinan dan pelanggaran komitmen dalam proses belajar itu sendiri. Lalu, mengapa hal ini bisa menjadi masalah. Banyak orang-orang yang underestimate mengenai masalah kedisiplinan. Datang terlambat, tidak mengerjakan tugas dengan baik, tidak berpakaian sesuai dengan peraturan dan sederetan masalah-masalah lain yang mungkin saja menjadi menu kita sehari-hari. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kedisiplinan menjadi syarat dalam bersikap dewasa.

Ada sebuah kasus menarik dimana kasus ini erat kaitannya dengan masalah kedisiplinan. Seorang mahasiswa datang terlambat mengikuti sebuah kuliah. Ketika itu dosen pun bertanya mengenai penyebab keterlambatannya, serta mengkomunikasikan kepada teman-teman sekelasnya. Namun mahasiswa tersebut hanya terdiam dan tidak menjawab, malah ia mulai mengeluarkan air matanya dan menangis.

Faktor yang menjadi sumber dari permasalahan ini adalah faktor internal mahasiswa tersebut. Faktor internal meliputi atribut-atribut psikologis dari diri manusia seperti minat, sikap, motivasi dan sebagainya. Faktor ini berperan sangat signifikan bagi tingkat keinginan seseorang dalam berperilaku (dalam hal ini belajar). Oleh sebab itu, penting bagi seorang pendidik untuk “memodifikasi” faktor internal ini sebisa mungkin agar peserta didik bisa mengikuti pelajaran dengan baik (Suprijanto, 2007)

Bagaimana kita menyikapi masalah ketidakdisiplinan ini?. Tentunya kita perlu mengevaluasi serta memberikan feedback bagi mereka yang berperilaku tidak sesuai dengan peraturan. Hal ini juga menjadi bahan pertimbangan bagi kita semua, karena kadang-kadang proses evaluasi ini tidaklah menyenangkan. Oleh sebab itu kadang-kadang pembelajaran merupakan proses yang menyakitkan (Suprijanto, 2007). Namun, hal ini ditujukan untuk lebih baik kedepannya.

Referensi

  • Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi.Jakarta: Bumi Aksara.
Kategori:Andragogi Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: