Beranda > Andragogi > Modul Pelatihan

Modul Pelatihan

Modul Pelatihan

MANAJEMEN PEMASARAN BUAH STRAWBERRY

Fokus Penyusunan Rencana Pemasaran

Tim Penyusun:

M. Ricky Sanjaya    091301005
Bobby Kurniawan    091301034
Imam Setiawan    091301044
Cipta Arief Wibawa    091301099

 

Bagian 1: Pendahuluan

Tanaman strawberry berasal dari Amerika. Siapa yang tidak mengenal buah mungil yang menarik ini. Dari bentuknya yang sepintas terlihat kerucut hingga berbentuk bulat menambah ketertarikan trsendiri. Dengan aroma dan rasa yang khas menjadikan suatu keanekaragaman hayati yang kita rasakan saat ini. Kebutuhan akan strawberry semakin meningkat bukan hanya dikonsumsi sebagai pelengkap pada buah-buahan namun juga telah digunakan dalam pembuatan seperti selai, aroma terapi, bahan-bahan pelengkap makanan, serta kandungan zat pada strawberry sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, alternative pemasaran menjadi hal yang sarat untuk dibahas guna mencapai profit yang maksimal.

Tull dan Kahle (1990) menyatakan bahwa pemasaran berperan penting bagi sebuah perusahaan (organisasi bisnis) dalam menciptakan hubungan atau link antara perusahaan dan pasar yang dilayaninya. Sebagaimana dikemukakan oleh Peter F.Drucker, bapak manajemen moderen, bahwa alasan utama dari eksistensi suatu perusahaan adalah menciptakan proses pertukaran barang dan jasa yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen yang ada di pasar yang dilayani perusahaan (Kotler, 1997). Dari proses pertukaran demikian akan diperoleh pendapatan (revenue) yang, pada gilirannya, akan diperoleh laba (profit) (Kotler, 1997). Sementara itu, perhatian utama dari manajemen pemasaran adalah bagaimana menciptakan hubungan yang harmonis antara konsumen dan produsen dalam bentuk pertukaran baik barang maupun jasa yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak (Tull dan Kahle, 1990; Kotler, 1997).

Dengan demikian, adalah tidak keliru bila kita katakan bahwa setiap organisasi bisnis dalam merealisasikan tujuannya perlu didukung oleh manajemen pemasaran yang memadai. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan/atau produk yang berkaitan dengan teknologi informasi, termasuk di dalamnya.

Bagian 2: Konsep Dasar Pemasaran

2.1. Pemasaran dan Manajemen Pemasaran: Definisi

Secara sederhana, pemasaran didefinisikan sebagai seperangkat kegiatan yang hasilnya adalah: (i) membuat tersedianya produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen dan (ii) memberikan keuntungan kepada perusahaan yang menawarkan produk tersebut (Joscon Network, 2002). Definisi yang lebih, katakanlah, formal tentang pemasaran dikemukakan Kotler, pakar manajemen pemasaran tersohor, yaitu bahwa:

“… pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana baik individu maupun kelompok yang terlibat dalam proses tersebut memperoleh apa (produk atau jasa) yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan menawarkan, dan mempertukarkan produk atau jasa yang bernilai dengan pihak lain” (Kotler, 1997).

Apa pun definisinya, kegiatan pemasaran bermuara pada dua kondisi yang menguntungkan baik bagi pihak perusahaan (produsen) maupun pelanggan, yakni (Joscon Networks,2002):

  1. Pelanggan dapat memperoleh produk (barang atau jasa) yang mereka butuhkan; dan
  2. Produsen memperoleh keuntungan yang diperoleh secara sehat yang memungkinkan produsen untuk bisa mempertahakan keberlangsungan usahanya dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan di masa datang

Secara lebih rinci, Joscon Network (2002), menyebutkan bahwa pemasaran melibatkan kegiatan-kegiatan berikut:

a. Mencari tahu produk atau jasa apa yang diinginkan pelanggan;

b. Memproduksi produk atau jasa yang memiliki karakteristik dan kualitas yang sesuai dengan yang diinginkan pelanggan;

c. Menentukan harga produk atau jasa secara tepat;

d. Mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan (mengemukakan secara verbal mengapa pelanggan perlu membeli produk atau jasa tersebut); dan

e. Menjual dan mengantarkan produk atau jasa ke tangan pelanggan. Dari rincian kegiatan di atas, jelas bahwa penjualan (selling) merupakan bagian dari kegiatan pemasaran. Antara keduanya mempunyai pengertian yang berbeda. Lebih jauh dari itu, ternyata pemasaran melibatkan pelbagai kegiatan yang terintegrasi dari mulai penelusuran keinginan (calon) pelanggan hingga pengantaran produk ke tangan pelanggan.

2.2. Produk: Klasifikasi dan Karakteristik

Secara umum produk dibagi ke dalam 2 (dua) kelompok, yaitu: (i) produk konsumen (consumer products); dan (ii) produk industri (industrial products). Dalam modul, pembahasan hanya akan difokuskan pada produk konsumen.

Produk tersebut dibagi ke dalam 4 (empat) kelompok, yaitu: (a) produk kebutuhan sehari-hari (convenience products); (b) produk kebutuhan rumah tangga (shopping products); (c) produk spesial (specialty products); dan (d) produk yang belum dirasakan penting manfaatnya (unsought products) (Tull dan Kahle, 1990; Kotler dan Armstrong, 1996 Kotler, 1997).

a. Produk Kebutuhan Harian (Convenience Products)

Yang dimaksud dengan produk kebutuhan harian adalah barang atau jasa yang biasa dibeli pelanggan dalam frekuensi tinggi, dalam waktu cepat, dan untuk memperolehnya tidak membutuhkan upaya terlalu banyak. Contohnya, antara lain, adalah: pasta gigi; shampo; sabun mandi; minyak rambut; dan sebagainya.

b. Produk Belanjaan (Shopping Products)

Produk kelompok ini biasanya dibeli konsumen setelah mereka membandingkan baik harga, kualitas maupun spesifikasi lainnya dari pedagang lainnya.. Contohnya, di antaranya, adalah lemari pendingin (kulkas), televisi, kompor gas, pendingin udara, dan sebagainya.

c. Produk Khusus (Specialty Products)

Produk khusus adalah kelompok produk yang memiliki karakteristik istimewa atau unik sehingga pelanggan mau membayarnya dengan harga tinggi dan rela mengorbankan waktu dan tenaga untuk memperolehnya. Contohnya adalah mobil mewah (Roll-Royce, Maserrati, Porche, dan lain-lain), barang antik, dan sebagainya.

d. Produk Tidak Dicari (Unsought Products)

Kelompok produk adalah produk yang keberadaannya dan juga kemanfaatannya tidak banyak diketahui oleh konsumen. Contoh klasik dari kelompok produk ini adalah asuransi (jiwa dan yang lainnya) dan kapling untuk kuburan.

Pertanyaan yang perlu dijawab setelah memahami pengklasifikasian produk seperti dijelaskan di atas adalah: “Masuk ke dalam kelompok manakah produk paket strawberry?”. Sebagaimana kita ketahui bahwa buah ini merupakan produk yang biasanya sering menjadi kebutuhan konsumsi harian baik itu dalam bentuk mentahnya, maupun yang telah di olah ke dalam bentuk lainnya dan biasanya telah menjadi konsumsi rutin keluarga yang berada pada ekonomi menengah ke atas.

2.3. Segmentasi Pasar dan Penetapan Target

Segmentasi pasar tidak lain adalah pembagian atau pengelompokan pembeli berdasarkan geografik, demografik, psikografik, atau perilaku. Keempat dasar pengelompokan tersebut diyakini berpengaruh terhadap kebutuhan akan produk.

a. Segmentasi Geografik

Di sini, pasar pembeli atau konsumen dibagi berdasarkan lokasi di mana mereka berdomisili, yakni (i) negara, (ii) provinsi; (iii) kabupaten atau kota, (iv) kecamatan; atau (v) kompleks perumahan.

b. Segmentasi Demografik

Pasar pembeli dalam segmentasi ini dibagi berdasarkan variabel berikut: (i) umur; (ii) jenis kelamin; (iii) tingkat pendapatan; (iv) pekerjaan; (v) tingkat pendidikan; (vi) agama; atau (vii) ras/sukubangsa

c. Segmentasi Psikografik

Segmentasi pasar secara psikografik adalah mengelompokkan pasar pelanggan berdasarkan pada karakteristik kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.

d. Segmentasi Perilaku

Di dalam segmentasi ini, pelanggan dikelompokkan berdasarkan pada variabel-variabel: (i) tingkat pengetahuan; (ii) sikap; dan (iii) penggunaan atau reaksi mereka terhadap suatu produk (Kotler dan Armstrong, 1996).

Jika kita analisis dari keempat segmentasi di atas kita bisa temukan bahwa produksi strawberry ditinjau dari segi geografik sepertinya tidak ada batasannya,. Produks strawberry dapat di kembangkan pasarnya secara nasional di Indonesia. Dari segi demografik harus di akui bahwa konsumen produk ini sebahagian besar adalah rakyat dengan ekonomi pertengahan ke atas.Begitu juga ditinjau dari segmentasi psikografik akan terlihat perbedaan konsumsi dari sisi gaya hidup dan kelas social. Ditinjau dari segi segmentasi prilaku sepertinya belum banyak konsumen yang mengidentifikasi dan memahami produk hasil olahan strawberry yang ada di pasaran.namun harus tetap di evaluasi dari pelanggan sejauh mana reaksi mereka terhadap produk yang diciptakan.

2.4. Strategi Pemasaran Produk Informasi Teknologi

Sebenarnya agak cukup sulit untuk bisa menentukan strategi pemasaran produk teknologi informasi sebelum kita bisa dengan cukup akurat mampu mengklasifikasikannya. Namun demikian, dalam modul ini kita bahas strategi pemasaran secara umum. Dari bahasan yang bersifat umum tersebut diharapkan kita bisa melihat sedikit lebih jernih tentang strategi yang cocok untuk produk informasi teknologi.

Kotler dan Armstrong (1996) dan Kotler (1997) membagi penyusunan strategi pemasaran suatu produk ke dalam beberapa langkah ;

Langkah pertama, yakni diferensiasi, terdiri dari 5 (lima) jenis, yaitu: (a) diferensiasi produk; (b) diferensiasi pelayanan; (c) diferensiasi personil; (d) diferensiasi saluran; dan (e) diferensiasi citra.

Langkah kedua, penentuan posisi penawaran pasar, difokuskan pada dua hal pokok, yaitu: (a) tingkat perbedaan (dari produk) yang akan dipromosikan; dan (b) jenis perbedaan yang akan dipromosikan.

Langkah ketiga, pengembangan produk baru, dibagi ke dalam 9 (sembilan) tahapan, yaitu: (a) pemunculan gagasan; (b) penyaringan gagasan; (c) pengembangan dan pengujian konsep: (d) pengembangan strategi pemasaran; (e) analisis bisnis; (f) pengembangan produk; (g) pengujian pasar; dan (h) komersialisasi.

Langkah keempat, pengelolaan strategi siklus hidup, didasarkan kepada keempat tahapan siklus hidup produk, yakni: (a) tahap perkenalan; (b) tahap petumbuhan; (c) tahap kedewasaan; dan (d) tahap penurunan.

Dari produk strawberry yang akan di pasarkan kita bisa menerapkan system pemasarannya dalam bentuk diferensiasi, penentuan posisi penawaran pasar, dan pengelolaan strategi siklus hidup produk. Untuk proses yang terdiferensiasi kita bisa lebih mengkhususkan pada diferensiasi produk dengan meningkatkan kualitasnya, diferensiasi saluran dengan memilih target pasar yang tepat untuk penyaluran, dan yang terakhir diferensiasi citra untuk menjadikan produk strawberry kita sebagai produk yang memiliki label terkenal.

Bagian 3: Penyusunan Rencana Pemasaran

3.1. Kegunaan Rencana Pemasaran

Pertanyaan pertama yang akan muncul dalam benak kita berkaitan dengan topik utama dalam bagian ini adalah: “Mengapa kita perlu menyusun rencana pemasaran?”. Jawaban langsung dari pertanyaan tersebut adalah bahwa sebuah (konsep) rencana pemasaran berguna dalam membantu kita dalam membangun mengarahkan, dan mengkoordinasikan usaha atau kegiatan pemasaran perusahaan. Dengan adanya rencana pemasaran, kita akan dituntut untuk menganalisa situasi pasar di mana produk kita dipasarkan dan bagaimana situasi atau keadaan pasar tersebut mempengaruhi bisnis kita. Di samping itu, suatu rencana pemasaran yang telah disusun dengan baik akan bisa dijadikan sebagai dasar dalam mengukur keberhasilan program pemasaran perusahaan. Kadangkala, tahap awal proses penyusunan rencana pemasaran sudah bisa dijadikan sebagai penuntun kita dalam menyusun strategi pemasaran.Sebuah rencana pemasaran berisi hal-hal berikut: (i) informasi tentang perusahaan kita dan produk (barang dan/atau jasa) yang dihasilkannya; (ii) tujuan dan strategi pemasaran; dan (iii) teknik yang digunakan dalam mengukur keberhasilan pelaksanaan kegiatan pemasaran perusahaan. Ringkasnya, sebuah rencana pemasaran menggambarkan semua kegiatan pemasaran yang akan dilakukan dalam periode waktu tertentu, biasanya 1 tahun.

3.2. Menyusun Rencana Pemasaran

Dalam bagian terdahulu dari modul ini, kita telah sepintas membahas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan manajemen pemasaran. Di antaranya tentang:(i) pengertian pasar, pemasaran, dan manajemen pemasaran; (ii) beda antara pemasaran (marketing) dan penjualan (selling); (iii) rangkaian kegiatan pemasaran; (iv) pengklasifikasian produk (barang); (v) penyegmentasian pasar; dan (vi) strategi-strategi pemasaran. Dalam sub-bagian ini, kita akan mengaplikasikan pengetahuan tersebut, yakni dalam menyusun rencana pemasaran.

Langkah pertama dari penyusunan rencana pemasaran adalah mengetahui dan memahami secara baik komponen-komponen dari rencana pemasaran. Secara garis besar sebuah rencana pemasaran terdiri dari 9 komponen. Komponen-komponen dimaksud adalah: (a) Ringkasan Eksekutif (Executive Summary); (b) Gambaran Situasi Saat Ini (Current Situation); (c) Analisis Pesaing dan Isu-isu (Competitor and Issues Analysis); (d) Tujuan Pemasaran (Marketing Objectives) (e) Strategi Pemasaran (Marketing Strategies); (f) Program Kegiatan (Action Program); (g) Anggaran (Budget); (h) Pengukuran (Measurement); dan (i) Dokumen Pendukung (Supporting Documents).

A. Ringkasan Eksekutif (Executive Summary)

Di dalam komponen yang pertama ini, kita memperkenalkan perusahaan kita dan menjelaskan butir-butir penting atau utama dari rencana pemasaran perusahaan secara ringkas.

B. Gambaran Situasi Saat Ini (Current Situation)

Di dalam komponen ini kita diminta untuk menyajikan informasi tentang hal berikut: (i) lokasi perusahaan; (ii) pasar sasaran; dan (iii) lingkungan kompetitif. Jangan lupa untuk juga menyertakan isu-isu penting yang dihadapi perusahaan.

C. Analisis Pesaing dan Isu-isu (Competitor and Issues Analysis)

Di sini kita memaparkan secara lebih rinci dari analisis pesaing dan isu-isu yang dihadapi perusahaan.

D. Tujuan Pemasaran (Marketing Objective)

Dalam komponen ini, kita diharuskan untuk memaparkan tujuan pemasaran perusahaan kita, antara lain, seperti meningkatkan kesadaran (akan keberadaan) produk (barang) dan/atau jasa yang ditawarkan perusahaan di kalangan khalayak atau pasar sasaran.

E. Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Setelah memaparkan secara rinci tujuan pemasaran, kita, dalam komponen ini diminta untuk memaparkan secara rinci tentang strategi pemasaran perusahaan. Komponen ini pada dasarnya merupakan inti dari rencana pemasaran perusahaan kita. Isi di dalamnya meliputi ke-empat faktor bauran pemasaran atau marketing mix atau lebih populer disebut sebagai 4Ps, yaitu: product (barang atau jasa); price (harga); promotion (promosi); dan place atau distribution (distribusi).

  • Product. Deskripsi lengkap tentang barang dan/atau jasa yang ditawarkan (dalam konteks ini yaitu strawberry) perusahaan kita dipaparkan di dalam komponen ini.
  • Price. Deskripsikan dalam bagian ini pula strategi penentuan (pricing strategy) harga barang dan/atau jasa yang ditawarkan dan kebijakan atau sistem pembayarannya (payment policies);
  • Promotion. Paparkan secara rinci alat-alat atau media promosi yang akan digunakan perusahaan kita atau taktik yang akan diterapkan dalam merealisasikan rencana promosi (promotion plan) dalam rangka mewujudkan tujuan pemasaran perusahaan; dan
  • Place. Di sini kita diminta untuk mendeskripsikan secara rinci bagaimana dan di mana produk perusahaan akan ditempatkan (didistribusikan) sehingga pelanggan mudah mengaksesnya.

F. Program Kegiatan (Action Program)

Di dalam komponen ini, kita memaparkan daftar dari kegiatan pemasaran yang akan dilakukan perusahaan. Deskripsikan kegiatan apa yang akan dilakukan, kapan kegiatan tersebut akan dimulai atau kapan akan selesai, dan siapa yang akan melaksanakan kegiatan pemasaran tersebut..

G. Anggaran (Budget)

Rincian tentang biaya yang direncanakan untuk melaksanakan semua kegiatan pemasaran harus kita paparkan di dalam komponen ini.

H. Pengukuran (Measurement)

Deskripsikan dalam komponen ini target-target numerik yang akan digunakan dalam mengukur hasil dari pelaksanaan atau implementasi rencana kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan. Batas waktu yang ditentukan untuk mewujudkan semua tujuan pemasaran harus juga disertakan. Sebagai contoh sederhana: “Meningkatkan volume penjualan sebesar 10% dalam jangka waktu 12 bulan”.

I. Dokumen Pendukung (Supporting Documents)

Dalam komponen terakhir ini, kita sertakan dokumen-dokumen pendukung yang dijadikan referensi dalam komponen lain dari rencana pemasaran perusahaan kita, misalnya: resume atau resume manajemen kunci, hasil penelitian pasar, spreadsheet, dan yang lainnya.

Bagian 4: Kesimpulan

Dapat disimpulkan secara umum bahwa manajemen pemasaran merupakan bagian tak terpisahkan dari suatu kegiatan organisasi, baik organisasi bisnis yang berorientasi keuntungan (profit oreinted) maupun organisasi nir-bisnis. Organisasi bisnis atau perusahaan yang berkecimpung dalam industri yang berkaitan dengan teknologi informasi tidak terkecualikan. Dengan demikian pengetahuan tentang manajemen pemasaran merupakan salah satu prasyarat bagi seorang yang berkeinginan untuk melakukan kegiatan bisnis. Pengetahuan dimaksud dapat berguna dalam menyusun sebuah rencana bisnis (business plan), khususnya bagian pemasarannya, dalam hal ini rencana pemasaran (marketing plan).Seperti kita maklumi, kita telah, meski serba sepintas, membahas pelbagai hal tentang manajemen pemasaran. Yang lebih penting kita telah lebih banyak mengalokasikan waktu untuk mempelajari bagaimana menyusun sebuah rencana pemasaran. Dengan demikian, diharapkan, setelah membaca modul ini, kita sedikit banyak bisa mulai menyusun sebuah rencana pemasaran untuk perusahaan yang akan kita kembangkan sebagai bagian integral dari rencana bisnis yang tentunya sudah disusun sebelumnya.

 

Daftar Pustaka

  • Yusnadi, (200-)Andragogi, Pendidikan Orang Dewasa. Medan: Unimed Press.
  • Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
  • Rukmana, rahmat. (1998). STROBERI, Budi Daya dan Pasca Panen.Yogyakarta : Kanisius
  • Sugiharto, toto. (2002).Modul Pelatihan Produk Teknologi Informasi.Jakarta : Universitas Gunadarma

Untuk lebih rinci, silakan download filenya (.docx) disini.


  1. 29/04/2013 pukul 3:55 pm

    Hello! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I genuinely enjoy reading through your articles.
    Can you recommend any other blogs/websites/forums that cover the same subjects?
    Thanks a lot!

  2. 02/05/2013 pukul 10:09 pm

    Hi there, everything is going sound here and ofcourse
    every one is sharing facts, that’s actually good, keep up writing.

  3. 10/05/2013 pukul 3:18 pm

    I was suggested this blog by my cousin. I’m not sure whether or not this post is written via him as no one else know such specific approximately my problem. You are incredible! Thanks!

  4. 12/05/2013 pukul 3:22 pm

    I’ve been exploring for a little for any high-quality articles or weblog posts on this kind of house . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site. Reading this information So i am glad to express that I’ve an incredibly excellent uncanny
    feeling I came upon just what I needed. I so much without a doubt will make sure to do not overlook this website and provides it a glance regularly.

  5. 14/05/2013 pukul 2:00 pm

    It’s truly a great and useful piece of information. I am happy that you shared this helpful information with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

  6. 17/05/2013 pukul 2:58 pm

    My family always say that I am killing my
    time here at net, except I know I am getting knowledge every day by
    reading thes good content.

  7. 18/05/2013 pukul 4:04 am

    After looking at a number of the articles on your site, I really appreciate your technique of writing
    a blog. I bookmarked it to my bookmark website list and will be checking back in the near future.
    Take a look at my website as well and let me know
    what you think.

  8. 20/05/2013 pukul 4:59 pm

    I am actually thankful to the holder of this web
    site who has shared this great post at here.

  9. 27/05/2013 pukul 1:42 pm

    In other trick taking games, players can take tricks on a number
    of kind of contract. Understanding video gaming is a must tip on how to run a game store.
    You can only acquire a small amount of in-game money or gold, and cannot participate in the auction house, send mail, join guilds,
    or even whisper to someone unless someone whispers to you first.

  10. 28/05/2013 pukul 7:24 pm

    This is because it gives you more precise targeting opportunities, lets you combine audio ads with synchronized banners and buttons to maximize
    visibility and retain attention, lets your listeners take an immediate action (after all, they are only
    a click away from your site) and puts you in control of your advertising campaign (you can pay
    the service provider on the basis of the actual number of impressions).
    In my case I listen to all music that is submitted to me before I include it on my playlist.
    Such was the beginning of a journey that would propel Ms.

  11. 29/05/2013 pukul 9:44 am

    And now we’ll be able to help her music selection grow and change right along with her. If you are already experienced in internet radio hosting, the Blog – Talk – Radio Premium might be a hosting program you might want to pay for. This powerful and versatile solution is also available in three different versions, so you should have no trouble finding the perfect one for you.

  12. 30/05/2013 pukul 9:13 pm

    The new EP Pure Wet is a masterclass in experimental baselines
    and echoey, breathy vocals all underpinned by varying funk
    and R&B-based rhythms. If you own a Black
    – Berry 9550 Storm 2, Black – Berry Curve 8530, Black – Berry Tour 9630, Black – Berry Storm 9530,
    Black – Berry Curve 8330, Black – Berry World 8830, Black –
    Berry Pearl Flip 8230, or Black – Berry Pearl Flip 8130, then you can
    listen to nearly a thousand songs on a single micro – SD card.
    Be comfortable in its open-air concept restaurant, where you might even sit
    in a table and look up to see stars in a clear night sky.

  13. 02/06/2013 pukul 2:02 pm

    Why viewers still make use of to read news
    papers when in this technological world everything is
    accessible on net?

  14. 27/06/2013 pukul 1:40 pm

    Greetings! Very useful advice in this particular article!
    It is the little changes that produce the biggest changes.
    Thanks for sharing!

  15. 03/08/2013 pukul 4:41 am

    I rarely comment, however i did a few searching and wound up here Modul Pelatihan | Hanya berbagi.
    … And I actually do have a couple of questions for you if
    you do not mind. Is it only me or does it give
    the impression like some of the comments come across like coming from brain
    dead folks?😛 And, if you are posting on additional sites,
    I would like to follow anything fresh you have to post.
    Would you list of the complete urls of all your public pages like your Facebook
    page, twitter feed, or linkedin profile?

  16. 24/09/2013 pukul 8:02 am

    Many of these people offer assistance free of charge and are a very good resource for travelers.
    Other wise marketing your business or the products
    and services would not be of any use. When it comes down to
    it keywords determine almost everything possible on the internet and that is exactly
    why when it comes to the land of online internet marketing and home based business keywords are king.

  17. 18/10/2013 pukul 7:27 am

    Wow, that’s what I was searching for, what a material!
    existing here at this weblog, thanks admin of this web page.

  18. 04/12/2013 pukul 6:10 pm

    Howdy would you mind letting me know which hosting company you’re working with?
    I’ve loaded your blog in 3 completely different browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most.

    Can you recommend a good hosting provider at a honest price?
    Kudos, I appreciate it!

  19. 07/12/2013 pukul 5:02 pm

    When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment
    is added I get four e-mails with the same comment.
    Is there any way you can remove me from that service? Thanks!

  20. 10/12/2013 pukul 2:10 pm

    I just couldn’t leave your website before suggesting that I
    actually enjoyed the usual information a person provide in your guests?
    Is going to be again frequently to check out new posts

  21. 01/01/2014 pukul 1:35 am

    Howdy! I could have sworn I’ve visited this site before but after looking at
    some of the articles I realized it’s new to me.

    Regardless, I’m certainly happy I found it and I’ll be book-marking it and checking back regularly!

  22. 03/01/2014 pukul 12:56 am

    I really like reading through an article that can make people think.

    Also, thank you for allowing me to comment!

  23. 27/01/2014 pukul 10:28 am

    Attractive section of content. I just stumbled upon your blog and in accession
    capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts.
    Any way I will be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently quickly.

  24. 03/03/2014 pukul 10:27 pm

    Hi, Neat post. There’s an issue together with your web site
    in web explorer, may test this? IE nonetheless
    is the marketplace leader and a huge component of people will leave
    out your wonderful writing due to this problem.

  25. 04/03/2014 pukul 3:22 am

    Hey There. I found your blog using msn. This is an extremely smartly written
    article. I’ll make sure to bookmark it and return to read more of your useful information.
    Thanks for the post. I’ll definitely return.

  26. 06/03/2014 pukul 12:58 am

    I am regular reader, how are you everybody? This article posted at
    this web page is genuinely fastidious.

  27. 13/03/2014 pukul 10:41 pm

    This article is truly a nice one it assists new
    internet visitors, who are wishing for blogging.

  28. idm
    15/03/2014 pukul 11:05 am

    I am not sure where you’re getting your information, but great topic.
    I needs to spend some time learning much more or understanding more.
    Thanks for fantastic info I was looking for this info for my mission.

  29. 31/03/2014 pukul 6:59 pm

    Your traffic legal professional will be able to discuss with prosecutors
    in order to reduce the fees and penalties. Attorneys contradiction
    used the hammer to a nut approach, which often happens when
    cases went to court that the lawyer who specializes in mediation is to break a much calmer approach.
    I became interested in the legal profession when I worked as
    a volunteer legislative coordinator for a non-profit organization.

  30. 02/04/2014 pukul 11:35 am

    Hello There. I found your weblog using msn. This is a really smartly
    written article. I will make sure to bookmark it and come back to learn extra of your
    useful info. Thanks for the post. I will definitely comeback.

  31. 03/04/2014 pukul 6:51 pm

    Thanks for sharing your thoughts about komentarz. Regards

  32. 04/04/2014 pukul 3:28 am

    Good day! This is my first visit to your blog! We are a group of volunteers and starting a new initiative
    in a community in the same niche. Your blog provided us valuable information to work on.

    You have done a marvellous job!

  33. 04/04/2014 pukul 9:39 pm

    I get pleasure from, result in I found just what
    I used to be taking a look for. You’ve ended my 4 day lengthy hunt!
    God Bless you man. Have a nice day. Bye

  34. 06/04/2014 pukul 5:53 pm

    Thanks for the marvelous posting! I quite enjoyed reading it, you might be a great author.

    I will ensure that I bookmark your blog and will often come back later on.
    I want to encourage you to ultimately continue your great writing, have a nice evening!

  35. 08/04/2014 pukul 11:03 am

    It’s really a cool and helpful piece of info. I’m happy that you
    simply shared this helpful info with us. Please keep us informed
    like this. Thank you for sharing.

  36. 11/04/2014 pukul 3:24 pm

    I read this piece of writing completerly regarding the comparison of most up-to-date and
    earlier technologies, it’s remarkable article.

  37. 13/04/2014 pukul 3:12 am

    Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you so
    much, However I am going through problems with your RSS.

    I don’t understand why I am unable to subscribe to it. Is there anybody else getting similar RSS problems?

    Anyone who knows the answer will you kindly respond?

    Thanks!!

  38. 13/04/2014 pukul 3:29 am

    I’m truly enjoying the design and layout of your blog.

    It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to come
    here and visit more often. Did you hire out a designer to create your
    theme? Fantastic work!

  39. 15/04/2014 pukul 3:31 pm

    It’s not my first time to visit this site, i am visiting this site dailly and take pleasant facts from here everyday.

  40. 22/04/2014 pukul 10:48 pm

    Magnificent beat ! I wish to apprentice while you amend your website,
    how could i subscribe for a blog web site?
    The account helped me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright clear concept

  41. 24/04/2014 pukul 7:26 am

    ขายยานอนหลับ ยานอนหลับแบบน้ำ ยานอนหลับอย่างแรง ยาปลุกเซ็กส์ ยาเสียสาว แมลงวันสเปนยาสลบแบบพ่น ยาสลบแบบดม ยาสลบอย่างแรง
    รวมสินค้าประสิทธิภาพสูง นำเข้าจากต่างประเทศ ขายในราคาเป็นธรรม

  42. 04/05/2014 pukul 12:21 am

    Howdy! This is my 1st comment here so I just wanted
    to give a quick shout out and tell you I truly enjoy reading your posts.
    Can you recommend any other blogs/websites/forums that go over the
    same subjects? Thanks!

  43. 31/05/2014 pukul 4:53 pm

    Hi just wanted to give you a quick heads up
    and let you know a few of the images aren’t loading properly.
    I’m not sure why but I think its a linking issue.
    I’ve tried it in two different internet browsers and
    both show the same results.

  44. 09/06/2014 pukul 5:25 pm

    Jak wspomniano początkowo tego write-up, prawdopodobnie posiadać czas na Atrakcyjność Harmonogram z
    szalonej Rozkład. O czasu kiedy śniadanie należy produkowany, dzieci mają dostać
    gotowy dla szkoła i powinieneś dostać
    do pracy ? O tak i nie zapomnieć o po prostu chodzić i odżywiają psa.

    może być wyczerpaniu! Wdrożenie SIMPLE Porady przy użyciu tego
    write-up i będziesz szukać więcej przywrócone szybko.
    lombard gorzów Najbardziej wszyscy to Średnio przeciętny 1 witaminy lub inne, ale witaminy że większość folks, zwłaszcza tych starzeje Don ‘t
    dostać wystarczająco dużo jest witamina D. witaminy D pomaga
    Twoja wnętrza zdrowia wraz z dobrze – jest, aby grupa wiekowa pięknie, zacząć odbieranie małe sunshine
    codziennie , co jest najlepsze drodze do uzyskania witamina D.

    Dodatkowo jest to odpowiednie do suplement diety z produkty żywnościowe pełne Wartości odżywcze D jak również witaminy.
    lombard gorzów Chcesz pobyt długie życie codzienne i cieszyć proces starzenia?
    Żyć już, nadal pozytywna. raporty wystawiał, że ci,
    którzy mają dobre samopoczucie także zazwyczaj dłużej i zdrowsze Istnienie.
    Sprawdzić na humor w codziennym życiu. Śmiech może Spadek, że poziomy wysokie ciśnienie krwi i Pomoc wyczerpać stres prawidłowe
    ze swojego budowa ciała. Wielu badania wykazały przycisk optymistyczne Moce z Rozrywka i sposób
    to zrobić naprawdę czujesz o wiele lepiej. lombard gorzow Jak wspomniano
    wcześniej wspomniany na początku z tym Raport,
    prawdopodobnie trzymać czas dostać splendor Program z stresującym harmonogram.

    Kto może mieć czasu kiedy Twój posiłek rano musi być
    produkowany, młodzież chce dostać wszystkie zestaw dla uniwersytet
    i trzeba dostać działać ? O i nie zaniedbanie po prostu chodzić
    i dostawa pies. To może być wyczerpaniu! Wdrożenie Easy
    urody porady przy użyciu tego Zgłoś i będziesz wygląd dużo więcej przywrócone w krótkim czasie.
    lombard gorzow W żaden sposób nie naprawdę zastosowanie opalania balsam gdy
    jesteś bardzo szybko po prostu dlatego, że to zazwyczaj spowodować katastrofa!
    To naprawdę jest jeden uroda pozycja naprawdę trzeba trochę czasu z inaczej znaleźć się polowanie dziwaczne, więc łatwy opalania balsam łokcie ponad stawy kolanowe i stóp i mycia ręce dokładnie do chronić się przed
    smug. Wykorzystaj swoje opalania balsam wcześniej z spanie aby
    uniknąć kompletne Pech Zadanie i z wyprzedzeniem z wyjątkowy dzień,
    w razie! lombard gorzow Chęć żywo rozległe Istnienie i cieszyć proces starzenia?
    Żyć już, utrzymanie optymistyczne. Badania wykazały, że ludzie,
    którzy dobre myślenia także mają zazwyczaj dłuższych i wiele zdrowsze życie.
    Sprawdzić na śmiech w życiu. Zabawa może zmniejszyć, że nadciśnienie i pomocy spustowy niepokoje prawo ze swojego całe ciało.
    Kilka badania wykazały przycisk Dodatni Zdolności z Rozrywka i jak to sprawia, naprawdę czujesz o wiele lepiej.
    lombard gorzów Vino może być zapisane. Po wykonać picia od słoik na , niedaleko to
    backup i przechowywać w lodówce to. Wino powinno dobre o dni.

    Jeśli pozostaw się w pokoju|miejsce temperatura,
    nawet tak, to by w pewnym momencie pójść słaba bo
    po prostu dlatego, bakterie może wzrost. Istnieje rzeczywiście nie mocno i szybko Wytyczne
    jak o tym, jak precyzyjnie rozszerzony wina jest idealny dla, więc używać
    swojego podniebienia pomóc zakończone picia.
    lombard gorzow Tylko dlatego, stało się starzeje nie znaczy, należy tylko relaks i relax.
    Aby nadążyć zdrowe ciało, należy nadal jest jak active
    jak to możliwe. Oczywiście, Zobacz w stanie
    po prostu pójść i wyścig w maraton, Jednak może jednak dodaj ćwiczenia do
    ciebie codzienne czynności To naprawdę jest zasugerował że po prostu include przynajmniej trzydziestu minut z aktywności fizycznej codziennie.
    Być może mogli wziąć – 15-minutowy iść
    pieszo pojedynek dwa razy dziennie. Motocykle off, że starym motocykl i zabrać
    wycieczka całej Społeczność. lombard gorzow Jako jeden grupy wiekowe, ważne jest
    dostarczyć ciała z odżywiania musi powrót lub podtrzymać idealne dobrobytu.
    jeden z wielu sposobów że aby mieć pewność, że Twoje ciało
    ciało ma wszystkie składniki odżywcze i witaminy zasługuje jest dostać odpowiednie
    naturalne suplementy. Niektóre suplementy jesteś chcieliby patrzeć są wielu – witaminy,
    anty przeciwzapalne i przeciwwskazania –utleniacze.

    Upewnij się, że zasięgnąć porady lekarz przed podjęciem jakichkolwiek nowe suplementy.
    lombard gorzow To naprawdę jest nigdy zbyt późno, zatrzymać palenie papierosów dla by móc powolny starzeje.

    Palenie papierosów nie tylko podnosi potencjalne ryzyko rak płuc,
    jest związana szereg odmian raka, choroby sercowo-choroba wieńcowa, i zmniejszyła potencjał do czynienia z choroba.
    Naturalnie, również zapewnia okropne wynik na strefy.
    Przez rzucenie palenia, starzeje może być mógłbyś i a może i będziesz wydłużyć Twój sposób życia długość.

  45. 15/06/2014 pukul 12:02 am

    Its like you read my mind! You seem to understand so much
    approximately this, like you wrote the book in it or something.

    I think that you simply could do with a few percent to power the message house a bit, but other than that, this
    is magnificent blog. A fantastic read. I’ll certainly be back.

  46. 17/06/2014 pukul 6:05 am

    A new vinyl window can bee up to 60% more efficient than old windows depending on their condition.
    Maybe one or twoo of them are cracked or perhaps the stylpe and design just doesn’t fit
    the times anymore. no capp of $1,500, of the full 30
    percent of the cost for renewable energy
    systems including solar panels, photovoltaic systems, small
    wind turbines, and geothermal heat pumkps for
    both existing and nnew homes through 2016.

  47. 08/08/2014 pukul 4:55 pm

    I don’t know if it’s just me or if perhaps everyone else experiencing problems
    with your site. It appears like some of the text on your
    posts are running off the screen. Can somebody else please provide feedback
    and let me know if this is happening to them as well?
    This may be a problem with my browser because I’ve had this happen before.
    Cheers

  48. 14/09/2014 pukul 2:22 am

    Howdy! This is my first comment here so I just wanted to give
    a quick shout out and say I truly enjoy reading through
    your articles. Can you suggest any other blogs/websites/forums that
    deal with the same topics? Thank you so much!

  49. 21/09/2014 pukul 5:08 am

    Great post but I was wanting to know if you could write a litte
    more on this topic? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit more.

    Cheers!

  50. 25/09/2014 pukul 8:42 am

    Thank you for sharing your info. I truly appreciate your efforts
    and I will be waiting for your further write ups thank you once again.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: