Beranda > Andragogi > Evaluasi Performa Kelompok Pelatihan

Evaluasi Performa Kelompok Pelatihan

Tim Pelatihan

M. Ricky Sanjaya    091301005
Bobby Kurniawan    091301034
Imam Setiawan    091301044
Cipta Arief Wibawa    091301099

EVALUASI PERFORMA
KELOMPOK PELATIHAN 

Performa kelompok pelatihan diadakan pada tanggal 28 April 2011, di ruang 2B Fakultas Psikologi USU. Dalam pelatihan ini kami mengusung topik dengan tema wirausaha. Adapun pelatihan yang kami bawakan adalah “Manajemen Pemasaran Buah Strawberry”. Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan informasi, pengetahuan, serta pemahaman mengenai bisnis strawberry kepada peserta.

Secara umum, performa yang kami lakukan kami nilai moderat. Hal ini kami simpulkan dari pernyataan seluruh peserta mengenai kesan dan pesan dari performa pelatihan yang kami lakukan. Adapun evaluasi dari kelompok pelatihan kami adalah sebagai berikut (mengacu kepada model evaluasi Jack J Phillips, portalhr.com).

Fase Reaksi

  1. Isi Pelatihan
    Adapun isi/materi pelatihan yang kami tawarkan cukup menarik serta sistematis berdasarkan penilaian peserta, namun isi materi tidak terlalu fokus dengan permasalahan yag kami angkat yaitu mengenai manajemen pemasaran strawberry.
  2. Kualitas Materi
    Materi yang disampaikan adalah menarik dan cukup happening pada saat sekarang ini, karena mengangkat isu wirausaha yang menjadi salah satu alternatif pemecah permasalahan ekonomi negara pada saat ini. Fasilitas audiovisual juga cukup memadai dalam pelatihan ini.
  3. Metode Pelatihan
    Metode yang kami gunakan dalam pelatiha ini cukup sesuai dengan materi yang disampaikan.
  4. Instruktur/Trainer
    Adapun trainer yang menyampaikan materi dalam pelatihan ini dinilai cukup baik serta menguasai materi menurut peserta. Trainer juga dinilai cukup  bersemangat dalam menyampaikan materi.
  5. Logistik
    Fasilitas audiovisual serta ruangan yang kami gunakan juga cukup kondusif dalam melaksanakan tugas pelatihan ini, selain itu hardcopy materi juga kami sediakan bagi para peserta. Namun, seperti kondisi ruangan kurang dipersiapkan dengan baik.
Fase Learning

Dalam fase ini menuntut para peserta untuk mampu memahami isi materi, sehingga kami melakukan semacam simulasi. Untuk itu dalam pemenuhannya, kami meminta para peserta untuk mampu membuat perencaan dalam wirausaha yaitu analisis SWOT. Hasilnya, terlihat peserta belum mampu mengeksplorasi perencaan bisnis dengan baik. Untuk itu, trainer menjelaskan kembali bagaimana cara mendeteksi analisis SWOT dengan baik. Selain itu, moderator juga mempersilakan peserta untuk bertanya jika ada yang belum dipahami.
Untuk kedua tahap terakhir yaitu Application dan Impact, pelatihan ini tidak melanjutkannya sampai kepada kedua tahap ini, karena kedua tahap terakhir dinilai membutuhkan modal yang besar serta aplikasi yang bersifat jangka panjang.
Secara keseluruhan, evaluasi kelompok yang kami simpulkan sebagai berikut;

Kelebihan

  • Materi yang disampaikan menarik.
  • Trainer tampak bersemangat dalam menyampaikan materi.
  • Materi yang disampaikan sistematis sehingga mudah dipahami.
  • Tampilan slide presentasi yang interaktif dan atraktif.
  • Trainer terlihat kompak.

Kekurangan

  • Materi yang disampaikan kurang fokus pada permasalahan
  • Trainer kurang rinci dalam menjelaskan materi
  • Kondisi ruang tidak dipersiapkan dengan baik
  • Proporsi waktu antar trainer tidak seimbang. 
Perincian Biaya
  1. Foto Copy Materi Pelatihan : 10 X 5000 = Rp. 50.000
SUSUNAN KRONOLOGIS PELAKSANAAN PELATIHAN
1. Pembukaan oleh Moderator (11.15 – 11.20)
– Pengenalan kelompok
– Pengenalan trainer
– Pemaparan tujuan pelatihan
2. Pemberian Materi Oleh Trainer (11.20 – 12.25)
    – Pemaparan oleh Imam Setiawan
– Pemaparan oleh Bobby Kurniawan
    – Simulasi oleh Cipta Arief Wibawa
3. Tanya Jawab dipandu oleh Moderator (12.25 – 12.35)
4. Penutupan (12.35)
 
Referensi
Kategori:Andragogi Tag:,
  1. 16/09/2014 pukul 11:10 am

    It’s a relationship tool and relationships take time to
    develop. Once they start doing business with you,
    all you have to do is keep them buying from you instead of somebody else.
    Telling people or ‘broadcasting’ a message will not help you to market any product.

    Note: If you’re going to generate buzz for your company, give your
    fans a date and time as to when something will be announced – the same technique that movie trailers use.

  2. 04/10/2014 pukul 5:40 pm

    An important point to remember though is that Twitter is actually
    a social media site, so don’t go overboard with self promotion. Overall opinion of this is
    that this is, by far, the most impressive and complete Twitter
    traffic automated product out there on the market today.
    Sign up for Elyse’s free introductory teleseminar available at =>.

    Not only will these help you establish credibility, you
    probably won.

  3. 09/10/2014 pukul 3:07 pm

    At this time I am ready to do my breakfast, after
    having my breakfast coming over again to read further
    news.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: