Beranda > Andragogi > UAS Online

UAS Online

  1. Langkah pertama dalam prosedur evaluasi yang dijelaskan oleh Morgan et.al., (1976) adalah mengecek tujuan. Maksud dari mengecek tujuan ini adalah melihat apakah tujuan dari performa yang dilakukan sudah tepat sasaran serta terjangkau. Menurut kami, prosedur ini sudah kami lakukan dengan cukup baik. Dalam melakukan pengecekan tujuan ini, kami meng-kroscek kembali tujuan awal dari kami melakukan performa. Apakah tujuan dari performa kami sudah tercapai dengan baik. Setelah itu, kami dapat menyimpulkan bahwa performa yang kami lakukan memiliki tujuan yang jelas dan pasti.

Adapun tujuan dari performa kami adalah untuk memberikan informasi, pengetahuan, serta pemahaman mengenai bisnis strawberry kepada peserta. Nah, dapat dilihat disini kami memiliki tujuan yang pasti dan jelas yaitu adalah bagaimana agar terjadi pembelajaran pada diri peserta dimana mereka dapat memperoleh informasi yang berharga mengenai bisnis strawberry.

2. Prosedur ketiga dalam melaukuan evaluasi menurut Morgan (1976) adalah mengumpulkan bukti mengenai apakah tujuan yang kita tetapkan telah tercapai. Untuk hal itu hal yang sudah kelompok kami lakukan adalah dengan memberikan semacam simulasi untuk membuktikan apakah peserta telah benar-benar paham dengan informasi yang kami berikan. Namun, kekurangannya adalah simulasi yaqng kami lakukan kurang komprehensif karena hanya melibatkan sebagian dari materi yang kami lakukan. Namun, dari hasil simulasi yang kami berikan terlihat bahwa peserta cukup dapat memahami materi yang kami sampaikan.

Setelah menilai dari laporan evaluasi kami, seharusnya kami memberikan semacam post-test untuk melihat sejauhmana perkembangan dalam diri individu. Post-test seperti ini perlu diterapkan karena bisa menjadi sumber bukti yang valid apakah tujuan dari performa kami telah tercapai dengan baik.

Kategori:Andragogi
  1. 15/06/2011 pukul 10:01 am

    Perhatikan laporan evaluasi performa kelompok anda. Berdasarkan prosedur evaluasi menurut Morgan pada langkah 1, apakah kelompok anda telah melakukannya dengan maksimal? Coba jelaskan apa yang sudah anda lakukan bersama kelompok berdasarkan langkah 1 saja.Jika anda belum melakukan dengan maksimal, penjelasan apakah yang dapat anda sampaikan pada kertas ujian ini?

  2. 15/06/2011 pukul 10:23 am

    Jika selanjutnya kita melihat langkah ke 3 prosedur evaluasi menurut Morgan, apakah yang sudah kelompok anda lakukian dengan maksimal? Jika anda baru menyadarinya sekarang, bagaimanakah seharunya laporan evaluasi kelompok anda?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: